Jumat, 26 Februari 2010

Unsur Galium

Nama : Nani Herwati
NIM : H1E109057



Sekilas tentang Galium
Galium adalah unsur kimia yang memiliki lambang Ga dan nomor atom 31. Unsur galium dapat dengan mudah diperoleh dengan peleburan. Gallium merupakan salah satu logam (dengan caesium, rubidium, fransium dan merkuri) yang cair pada atau dekat suhu kamar normal, dan oleh karena itu dapat digunakan dalam logam-di-kaca suhu tinggi termometer. Tidak seperti merkuri, logam galium cair membasahi gelas dan kulit, sehingga secara mekanis lebih sulit untuk menangani (meskipun secara substansial kurang beracun dan membutuhkan jauh lebih sedikit tindakan pencegahan). Untuk alasan ini serta masalah kontaminasi logam dan pembekuan-masalah ekspansi dicatat di atas, sampel logam galium biasanya disertakan dalam paket polietilen dalam wadah lainnya.
Gallium merupakan unsur unik yang memiliki rentang cair terbesar dari setiap elemen. Titik beku normal 29,78 ° C (85,60 ° F) lebih rendah daripada logam kecuali merkuri dan cesium. Titik didihnya adalah di sekitar 2420 ° C (4388 ° F), meskipun ada beberapa ketidakpastian karena adanya reaktivitas galium dengan bahan wadah pada suhu ini.
Gallium ditemukan sebagai komponen dari bauksit yang mengandung gallite (CuGaS 2), dan seng dan germanium sulfida. Bijih normal biasanya mengandung kurang dari 0,1% galium.
Penelitian menunjukkan bahwa kekurangan galium mungkin mengakibatkan penyakit Graves, ophthalmopathy, penyakit autoimun seperti lupus, osteoporosis, dan kanker. Studi ini menunjukkan bahwa dalam Graves hipertiroidisme, galium diambil oleh tiroid, timus, dan kelenjar air mata dipercepat. Ini mungkin karena kekurangan galium tiroid dan organ-organ lain yang terakumulasi itu memperbaiki kekurangan

Siklus Galium
Galium sebagai hasil sampingan dari aluminium dan produksi seng, sementara sfalerit untuk produksi seng adalah merupakan sumber kecil. Kebanyakan galium diekstrak dari minyak mentah aluminium hidroksida dari proses Bayer untuk produksi alumina dan aluminium. Sebuah merkuri elektrolisis dan hidrolisis dari amalgam dengan natrium hidroksida menghasilkan natrium gallate. Elektrolisis kemudian menghasilkan galium. Untuk penggunaan semikonduktor, pemurnian lebih lanjut dilakukan dengan menggunakan pencairan zona, atau ekstraksi kristal tunggal lain dari lelehan (proses Czochralski).
Gallium adalah suatu unsur yang ditemukan dalam tubuh, namun itu terjadi dalam jumlah yang sangat kecil. Sebagai contoh, pada orang dengan massa tujuh puluh kilogram, ada 0,7 miligram galium dalam tubuh. Kemungkinan besar hanya hadir karena jejak-jejak kecil di lingkungan alam, dalam air, dan residu pada sayuran dan buah-buahan. Beberapa vitamin dan didistribusikan secara komersial air telah diketahui mengandung jumlah jejak galium dengan kurang dari satu bagian per juta.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar